Wednesday, June 21, 2017

Cara Kompres/Ekstrak File Melalui HP (High/Middle/Low Kompres)

Cara Kompres dan Ekstrak File Via HP (High/Middle/Low Kompres)

    Hallo selamat datang lagi di NbTekno.com, pada zaman sekarang ini pastinya banyak dari kalian yang menyimpan file-file dalam ukuran yang sangat besar pada memori ponsel kalian, hal ini tidak menjadikan masalah bagi pemilik ponsel yang memiliki kapasitas memori yang besar, tatapi bagaimana halnya bagi yang memiliki ponsel android dengan kapasitas memori pas pasan.
   Sebenarnya kita bisa saja mengakalinya dengan cara mengkompres file-file yang jarang kita gunakan, tetapi sayang untuk dihapus, caranya adalah dengan cara menyatukan file-file yang kurang berguna atau lebih tepatnya yang jarang kita gunakan, dengan menyatukan file-file tersebut kita bisa mengurangi ukuran dari file-file tersebut, atau biasa disebut dengan kompres, kompres file selain memudahkan untuk proses sharing, kompres file juga dapat mengurangi ukuran file yang ada.
   Sehingga pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membagikan artikel untuk kalian mengenai tutorial cara melakukan kompresi file(mengubah stream file ataupun data input menjadi stream file ataupun data output sehingga memiliki ukuran file atau data yang lebih kecil dari sebelum di kompres), dan juga tutorial mengenai cara dekompresi atau ekstrak file(Upaya pembalian file atau data ketika sudah kita kompres untuk menjadi data atau file seperti sebelum di kompresi) melalui HP atau Ponsel, mungkin sudah banyak yang mengetahui dan bisa tentang cara yang akan saya bagikan ini, tetapi tidak ada salahnya saya berbagi sedikit untuk yang masih bingung hehe, Oke langsung saja kita ke Cara Kompresi dan Dekompresi/ekstrak File melalui HP android (High/Middle/Low Kompres).

Cara Kompres File Melalui HP Android (High/Middle/Low Kompres) :

  1. Untuk cara kompres file via HP Android (High/Middle/Low Kompres), yang pertama harus kalian lakukan adalah silahkan kalian download  ES File Manager/ES Pengelola Berkas di playstore ataupun di situs download lainnya dan buka aplikasi ES Pengelola Berkas tersebut(aplikasi yang akan saya gunakan untuk cara kompresi file ke .rar, .zip, ataupun .7z).
  2. Kemudian setelah itu kalian cari folder atau file yang akan di kompresi file tersebut, bisa pilih satu file, beberapa file, satu folder, ataupun beberapa folder dengan cara tekan dan tahan folder atau file yang akan dikompres.
  3. Maka selanjutnya akan muncul centang seperti, jika sudah lalu kalian klik, Lebih Banyak(titik tiga yang berada di pojok kanan bawah).
  4. Setelah muncul seperti gambar diatas, selanjutnya silahkan kalian pilih saja kompres.
  5. Kalian beri nama file hasil kompresan kalian pada kolom pertama(ex : alarm), lalu pilih format yang ingin digunakan ada 2 pilihan .zip dan .7z, saya sarankan gunakan .zip saja, lalu pilih level kompresi sesuai kebutuhan anda, di ES File Manager/ES Pengelola Berkas ada pilihan level Kompresi File Belanja, Level Kompresi File Cepat, Level Kompresi File Standar, dan Level Kompresi File Terbaik , semakin bagus level kompresi semakin kecil ukuran yang dihasilkan dan tentunya memakan waktu yang lebih lama,begitu juga sebaliknya.
  6. Lalu jika kalian ingin memberi kata sandi pada file yang akan kalian kompres, maka ketikan saja dibagian kata sandi file kompresi, jika tidak lewati saja kemudian klik OK.
  7. Tunggu Prosesnya dan file selesai di kompres. 

Baca Juga :

Cara Dekompresi/Ekstrak File Melalui HP Android (High/Middle/Low Kompres) :

  1. Untuk melakukan dekompres/ekstrak file via HP android, saya masih akan menggunakan aplikasi yang sama dengan aplikasi yang kita gunakan untuk kompres file tadi, maka silahkan buka aplikasi ES File Manager/ES Pengelola Berkas kalian tadi untuk langkah pertama saat akan melakukan ekstrak/dekompresi file .rar .zip .7z atau jenis file yang lainnya.
  2. Lalu, langkah kedua hampir sama dengan cara kompres file via HP menjadi .rar .zip .7z atau jenis file yang lainnya, yaitu silahkan kalian cari file kompresan yang akan kalian ekstrak, jika sudah ketemu silahkan kalian klik dan tahan file yang akan di ekstrak melalui HP.
  3. Setelah file yang akan kalian ekstrak sudah terpilih, selanjutnya kalian klik lagi tombol titiktiga yang ada di kiri bawah/tombol Lebih Banyak.
  4. Selanjutnya silahkan kalian pilih "Ekstrak ke" untuk melanjutkan proses ekstrak via ponsel android, lalu silahkan kalian pilih folder hasil ekstrak akan ditaruh dimana, untuk memilih manual silahkan kalian ganti dari bagian Nama File Kompres(Bebas)/Jalur saat ini menjadi Pilih Jalur.
  5. Lalu masukan password atau kata sandi pada kompresan file tadi jika ada, dan klik OK, tunggu hingga proses selesai.

  Seperti itulah cara melakukan kompres/ekstrak via HP, sangat mudah bukan? sebenarnya ada banyak cara lain tetapi saya pilih cara ini karena menurut saya cara ini adalah yang paling simple dan mudah selain itu juga lengkap dari segi fitur yang disediakan.
   Jika kalian sudah bisa melakukan Cara Ekstrak File (High/Middle/Low Kompres) Melalui HP ataupun Cara Kompres File (High/Middle/Low Kompres) Melalui HP, silahkan kalian kompres semua file yang jarang kalian gunakan, dan hapus file aslinya. Jika kalian ingin menggunakannya lagi cukup dekompres atau ekstrak file melalui HP kalian saja tentunya :D.Sangat banyak sekali manfaat dari kompres dan ekstrak file melalui hp android sebenarnya :D
   Itulah sedikit artikel yang dapat saya tulis mengenai Cara Kompres File Melalui HP Android(High/Middle/Low Kompres) dan juga Cara Ekstrak File Melalui HP Android(High/Middle/Low Kompres), semoga artikel saya kali ini dapat bermanfaat bagi kalian, jika ada yang masih bingung atau sekedar tanya-tanya bisa melalui  kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah, silahkan share jika perlu sertakan sumber ya :D. Terimakasih telah berkunjung di NbTekno.com silahkan kunjungi juga artikel-artikel menarik lainnya di blog ini :D.