Saturday, January 14, 2017

Cara Membuat Domain TLD Secara Gratis dan Mudah

Membuat Domain TLD Secara Gratis

   Diawal 2017 ini mulai banyak sekali blogger blogger yang memiliki blog dengan rating tinggi, dan sering kali ketika kita sedang searching di sebuah search engine, sering muncul top artikel oleh sebuah website, jarang sebuah blog ada di top artikel. Solusi agar kita bisa menyaingi adalah dengan cara mengubah domain kita ke TLD(Top Level Domain) yang kebanyakan berbayar, walau seperti itu masih ada juga website penyedia pembuatan Top Level Domain yang menyediakan secara gratis.

  Pada kali ini Blogger Newbie akan membagikan tentang cara membuat top level domain secara gratis melalui freenom.com, di website freenom terdapat beberapa domain gratis diantara yang gratis tersebut adalah (.tk), (.ga), (.cf), (.gq), (.dan), (.ml), anda bisa memilih domain misal saya pakai .tk atau .ml, misalnya adalah bloggernewbie.tk atau bloggernewbie.ml atau yang lainnya, semua top level domain tersebut bisa kita dapatkan dan dapat kita miliki secara gratis, sekali lagi saya tegaskan secara gratis(gratis itu menyenangkan gan :v), dengan syarat domain yang kita inginkan masih tersedia atau dengan kata lain belum dimiliki dan diambil oleh orang lain yang sudah terlebih dahulu mencari domain tersebut

   Di freenom kita dapat memilih berapa lama waktu gratis top level domain yang kita inginkan akan berlaku, biasanya ada yang satu bulan,3 bulan, 6 bulan, 8 bulan, sampai 12 bulan, untuk pemilihan tersebut sudah pasti kita harus mengambil yang paling lama, tohh ngga ada salahnya kan, daripada kurang mending lebih gan :D, Oke langsung saja kita ke tutorial Membuat Domain TLD Secara Gratis dibawah ini.

Membuat Domain TLD Secara Gratis :

  1. Pertama kalian masuk ke website freenom yaitu freenom.com.
  2. Lalu kalian ketikan domain yang ingin dicari di kolom(misal yang kita inginkan bloggernewbie.tk cukup ketikan saja bloggernewbie tanpa .tk) yang terpapang besar pada bagian tengah website freenom tersebut, kemudian kalian pilih cek ketersedianan atau check availability(saya sarankan cara domain yang mudah diingat agar mudah mendapat pelanggan visitor tetap di website kita)
  3. Setelah itu maka akan muncul banyak sekali pilihan domain yang kita cari lalu kita klik get it free di sebelah kanan nama domain yang kita inginkan, setelah itu kalian pilih checkout.
  4. Maka setelah itu kalian akan dibawa kehalaman berikutnya, dihalaman tersebut kalian disuruh memilih jangka waktu untuk domain gratis anda tersebut kemudian kalian pilih saja gratis yang paling lama yaitu 12 bulan yang gratis(karena ada 12bulan yang berbayar dengan kualitas sama :v aneh tapi nyata gan :v) kemudian kalian klik continue atau lanjutkan.
  5. Setelah itu pada bagian ini bagi kalian yang belum pernah mendaftar di freenom maka kalian harus memasukak email kalian untuk memverifikasi, untuk mendapatkan email verifikasi dari freenom, dan jika bagi kalian yang sudah pernah mendaftar maka kalian pilih click here to log in.
  6. Buka email kalian untuk melakukan proses verifikasi dari freenom, kalian cari inbox dari freenom, lalu kalian klik link konfirmasi yang freenom berikan kepada kalian melalui email.
  7. Kemudian bagi kalian yang belum pernah mendaftar di freenom kalian klik new costumer, selanjutnya kalian isikan form pendaftaran yang dibutuhkan saya sarankan isi dengan data-data asli, untuk menghindari sulitnya jika ada kendala suatu saat nanti, pada bagian kata sandi saya sarankan gunakan kata sandi yang rumit tetapi bisa mudah diingat oleh kalian, karena akan digunakan untuk login ke akun freenom kaliaan, kemudian jika sudah selesai terakhir kalian klik complete order.
   Selamat kini kalian sudah mendapatkan domain dan akun kalian sendiri dari freenom secara gratis :D, sekian dulu artikel kali ini dari saya semoga work dan bermanfaat selain itu dapat meningkatkan trafik blog kalian. Terimakasih telah berkunjung di Blogger Newbie, blog seputar tekhnologi masakini, jika masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan budayakan coret-coret di kolom komentar bawah ini :D.

12 komentar

thanks infonya gan, tapi masih nyaman pake blogspot
main juga ya http://rendifortunatipstrik.blogspot.com/2017/01/pengertian-fungsi-dan-manfaat-email.html

ini domainnya berkualitas gak kak? entar sering down lagi... :(

lumayan gan buat gratisan, dulu ane juga pake yang .tk sering muncul di page1. berhubung kaga punya adsense nonhosted ane pindah blogspot buat bikin :D

artikel yang bagus gan, ane sering pake domain dari freenom.. :)

mantap jiwa om artikelnya :v

Wiih muantep gan ,kalo ada yg gratis knp enggk .