Thursday, February 2, 2017

Cara Mengunci Dokumen Word Agar Tidak Bisa Di Copy Paste

Cara Mengunci Dokumen Word

   Selamat datang lagi di Blogger Newbie, setelah beberapa hari tidak membuat artikel, kali ini saya akan membuat artikel mengenai "Cara Mengunci Dokumen Word Agar Tidak Bisa Di Copy Paste", saya membuat artikel ini karena banyak sekali orang yang dengan mudahnya melakukan copy paste pada dokumen kita dan hanya tinggal mengganti nama saja, padahal kita sendiri membutuhkan waktu berjam-jam atau mungkin bahkan berhari-hari, dan dengan mudahnya hanya dicopast orang lain dan di edit sedikit identitasnya tidak samapi 5 menit, terkecuali jika memang kita bertujuan untuk dibagikan atau dengan ijin kita.

Microsoft word, microsoft word(word sheet) merupakan salah satu program aplikasi pengolah kata buatan microsoft perusahaan dibawah naungan Bill Gates, yang paling banyak digunakan oleh komputer-komputer diperusahaan ataupun perorangan, bahkan denger-denger juga ada microsoft word versi mobilenya entah hanya hoax atau sangat mungkin juga fakta yang tersedia untuk windows phone dan juga android.

   Mungkin sangat banyak dari kalian yang sering gedeg liat orang yang suka nyolong file kalian dicopast lalu diedit menghilangkan identitas kalian, atau namanya misal, Sebenarnya Microsoft Word sudah menyediakan fitur protect document untuk mengatasi hal-hal seperti itu, karena hal seperti itu juga merupakan pelanggaran hak cipta, yang dimana fitur ini tersedia di bagian review maka disana akan tertera pilihan protect document disana kita dapat mengatur kata sandi atau password untuk document kita, agar hanya orang yang tau mengenai password yang telah kita pasang di dokumen tersebut, Oke mari kita langsung saja ke langkah-langkah Cara Mengunci Dokumen Word Agar Tidak Bisa Di Copy Paste dibawah ini.

(Baca juga : Cara Hasilkan Dolar Dari Youtube Tanpa Upload VideoCara Membuat Wifi).

Cara Mengunci Dokumen Word Agar Tidak Bisa Di Copy Paste :

  1. Yang pertama jelas kita cari dan buka dokumen yang ingin kita kunci/protect agar tidak bisa diedit, atau bisa juga membuat dokumen baru terlebih dahulu.
  2. Setelah dokumen yang ingin kita protect sudah kita buka di microsoft word pastinya, maka kalian klik menu home untuk melanjutkan prosesnya.
  3. Setelah kalian klik menu review disana sangat banyak pilihan-pilihan diantaranya adalah kelompok proofing yang berisi Spelling & Grammar, Research, Thesaurus, Translate, lalu yang kedua ada kelompok Comment disana hanya berisi New Comment,lalu Tracking, Compare, Changes yang berisi Accept, dan yang terakhir adalah kelompok Protect yang dimana disana hanya tertera satu pilihan saja yaitu Protect Document, sudah jelas kita pilih Protetc Document klik pilihan tersebut untuk melanjutkan langkahnya.
  4. Lalu setelah itu akan muncul empat pilihan kalian cari dan pilih saja Restrict Formatting and Editing dari empat pilihan tersebut, maka setelah itu akan muncul submenu dari samping kiri yang berisi beberapa bagian dengan beberapa check box, yang pertama pada bagian Formatting Restriction, kalian centang check box pada Limit formmating to a selection of style, selanjutnya juga pada bagian Editing Restriction, kalian centang check box pada Allow only type editing in the document dan juga check box yang bertuliskan Everyone.
  5. Selanjutnya setelah kalian melakukan tahap diatas, sekarang kalian lihat ke bagian Start Enforcement, disana ada peringatan seberti berikut "Are you ready to apply these settings?(you can turn them off later)" kalian abaikan saja lalu kalian klik dibawahnya yaitu "Yes, Start Enforcing Protection".
  6. Jika sudah kalian klik "Yes, Start Enforcing Protection" maka akan muncul kotak dialog Start Enforcing Protection disana ada dua pilihan yang pertama password dan yang ke dua user authentication, lalu tahap terakhir yang harus kalian lakukan adalah memasukan password par dan password konfirmasi dengan mengetikan password yang sama dengan kolom diatasnya yang ingin digunakan untuk memprotect dokumen kalian. Selamat dokumen anda telah berhasil diprotect untuk menghindari pelanggaran hak cipta kalian :D.

   Itulah artikel dari Blogger Newbie mengenai Cara Mengunci Dokumen Word Agar Tidak Bisa Di Copy Paste, saya sarankan gunakan cara ini untuk setiap kali jika kalian telah selesai membuat dokumen baru, atau semua dokumen yang telah ada, agar tidak mudah dicopy paste dan digandakan oleh orang lain tanpa seijin anda :D,  Semoga informasi ini dapat beranfaat untuk kita semua, jika ada yang masih kurang paham bisa ditanyakan melalui kolom komentar dibawah, Jika kalian merasa informasi ini bermanfaat silahkan kalian share kemanapun dengan menyertakan sumber artikel pastinya :D, Terimakasih telah berkunjung, budayakan coret-coret :D.