Friday, February 10, 2017

Cara Agar Artikel Langsung Muncul Google

Cara Agar Artikel Langsung Terindex Oleh Google SEO

    Hallo selamat datang lagi di Blogger Newbie, kali ini saya akan menulis artikel mengenai Tips Agar Artikel Mudah Terindex Oleh Google SEO, bagi para blogger awam seperti saya ini mungkin banyak sekali yang bertanya-tanya, Kenapa artikel dari blog saya tidak muncul di search engine google? Apa penyebab artikel saya tidak muncul di goole? Dan bagaimana cara mengatasinya?, saya juga pernah mengalami hal tersebut, dimana saya sudah menulis artikel panjang lebar sampai ribuan kata dan artikel tersebut ori, tetapi kenapa artikel saya tidak pernah muncul di goole, padahal banyak blog atau website dengan artikel sama seperti milik saya bahkan sangat pendek hanya sekitar 200-400an kata sedangkan milik saya ribuan kata :D.

  Penyebab dari masalah-masalah diatas adalah karena artikel kalian belum terindex/terdeteksi oleh google, Solusinya adalah dengan kita melakukan submit artikel ke google(bisa menggunakan fetch di google webmaster tools ataupun situs-situs lain). Apakah bisa artikel saya terindex oleh google jika tidak melakukan pengindeksan? tentu saja bisa hanya saja akan memakan waktu hingga berhari-hari bahkan bisa sampai berbula-belun tetap masih belum terlihat, Beda halnya jika kita melakukan indeks secara langsung melalui google webmaster tools artikel kita bisa secara cepat, hanya dalam beberapa menit dan hasilnya bisa kalian cek, artikel kalian sudah muncul di google search engine.

  Sangat banyak sekali keuntungan kita menggunakan webmaster tools, bisa melihat status artikel yang telah terindeks dan sebagainya, apalagi sekarang hampir 90% pengguna internet menggunakan google search engine sebagai saran browsing dan searching mereka, karena itulah melakukan pengindeksan ke google sangat dibutuhkan untuk menaikan trafik blog. Oke selanjutnya kita langsung saja ke tutorial.

Tips Agar Artikel Mudah Muncul Google :

  1. Yang pertama harus kalian laukan adalah silahkan kalian log in ke akun gmail kalian di browser.
  2. Kemudian jika kalian sudah berhasil melakukan log in ke agun gmail kalian melalui browser yang akan digunakan untuk prosses melakukan indeks artikel, maka langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah silahkan kalian pergi ke halaman Google Webmaster tool atau jika belum tau alamatnya bisa juga silahkan kalian klik saja disini untuk masuk ke halaman dari google webmaster tools.
  3. Lalu setelah kalian sudah sudah log in gmail dan sudah berhasil masuk ke halaman google webmaster tools. Maka selanjutnya silahkan kalian klik pada bagian yang berutliskan add property now untuk menambahkan url dari situs web atau blog kalian, dan setelah itu maka silahkan kalian masukan alamat url dari blog atau website dari blog kalian, misal contoh saya memasukan url blog saya yaitu sandykurniaf.blogspot.com.
  4. Selanjutnya setelah kalian selesai memasukan alamat url dari alamat blog atau website kalian sekaranh langkah selanjutnya yang harus kalian adalah melakukan konfirmasi untuk mengonfirmasi apakah blog atau website yang telah kalian masukan di properti google web master tools tadi benar-benar milik kalian atau bukan, pada tahap ini untuk melakukan konfirmasi alamat blog atau website saya lebih menyarankan kalian pilih saja yang metode alternatif(saya memilih metodi ini karena paling mudah di terapkan dan juga paling mudah untuk dipahami) kemudian setelah itu silahkan pilih yang bertuliskan html tag atau html, Lalu selanjutnya kalian copy kode html yang diberikan oleh pihak google di halaman google webmaster tools tadi ke bagian kepala dari template blog kalian, maka silahkan kalian masuk ke pengaturan di blog atau website kalian kemudian kalian pilih pada bagian tempelate, lalu silahkan kalian pastekan kode yang telah kalian dapat tadi tepat di bawah bagian head, buka pengaturan blog kalian di newtab saja, contoh <head>copykan kode html yang kalian dapatkan tadi disini</head> jika sudah silahkan kalian save tempelate blog kalian, setelah kalian save  templelate kalian tadi sekarang pada halaman webmaster tools silahkan kalian klik verifikasi.
  5. Jika alamat blog atau website kalian sudah benar-benar berhasil terverifikasi maka akan ada tanda centang berwarna hijau, jika alamat blog atau website kalian sudah berhasil terverivikasi sekarang silahkan kalian kembali lagi masuk ke halaman depan google web master tools kemudian setelah itu silahkan kalian klik go to home page, lalu pilih blog atau website yang sudah kalian tambahkan dan sudah kalian verifikasi alamatnya tadi.
  6. Setelah kalian memilih alamat kalian itu maka kalian akan langsung masuk ke halaman dashboard google webmaster tools, jika sudah masuk ke halaman dash board google webmaster tools silahkan kalian klik di bagian Crawl, lalu setelah bagian Crawl sudah memunculkan opsi dibawahnya selanjutnya kalian pilih yang bertuliskan Fetch as Goole.
  7. Kemudian, selanjutnya jika kalian sudah berhasil masuk ke halaman Fetch as Google, sekarang kalian masukan url dari masing-masing artikel di blog atau website milik kalian yang ingin kalian tampilkan di Google Search Engine atau di halaman search google, pada tahap ini kalian cukup memasukan bagian belakang dari alamat url di blog atau website kalian misal disini saya ingin memasukan artikel dari url http://sandykurniaf.blogspot.com/2017/01/cara-mendapat-kuota-gratis-puluhan-gb.html maka saya cukup memasukan bagian yang ini saja yang saya bolg 2017/01/cara-mendapat-kuota-gratis-puluhan-gb.html, lalu setelah kalian masukan url dari artikel kalian sekarang tinggal kalian melakukan fetching dengan cara klik tombol Fetch yang berwarna merah atau bisa juga Fetch And Render, jika pertama kali saya sarankan Fetch saja. karena render berfungsi untuk melakukan index kembali jika artikel kalian sebelumnya pernah disunting. Bisa lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.
  8. Laluselanjutnya yang kedelapan tahap terakhir yang harus kalian lakukan adalah melakukan request indexing ke google, bisa kalian lakukan dengan cara klik tombol request indexing yang ada disamping alamat url dari artikel yang telah kalian masukan untuk di Fetch tadi.
   Itulah cara mudah agar artikel kita mudah muncul di google search engine, untuk melakukan test apakah artikel sudah benar-benar muncul di google bisa kalian lakukan dengan cara melakukan copy url yang anda masukan tadi ke search di google, seperti itu lah caranya.

   Sekian sedikit artikel dari saya kali ini mengenai Tips Agar Artikel Mudah Muncul Google, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para blogger ataupun bagi kalian yang ingin sekedar mencari ilmu saja :D. Terimakasih telah berkunjung, jika masih bingung bisa tanya jawab dikomentar ya :D. Budayakan ninggal komen :D.